Sabtu, 16 November 2013

‘MELON MUSIC AWARD 2013′ DIKRITIK KARENA MENJADI AJANG ‘FESTIVAL SMTOWN’

SHINee
Acara ‘MelOn Music Award 2013‘ yang di selenggarakan memberikan penghargaan kepada para seniman K-Pop  atas prestasi musik mereka tahun ini.
SHINee telah memenangkan penghargaan tertinggi ‘MMA 2013′, membawa pulang penghargaan Artist of the Year. Rekan selabel mereka, EXO, memenangkan penghargaan Song of the Year untuk lagu ‘Growl‘ dan juga dianugerahi Netizen’s Choice Award atas kuatnya fans internasional mereka dan perkembangan pesat mereka di dunia maya.
Kedua grup juga masuk ke dalam MelOn Top 10. Ketika naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan, member kedua grup meneriakkan kata-kata,”Kami SM Town!”
Saat itu SHINee dan EXO tampaknya hanya terbawa suasana dengan penghargaan yang mereka raih, namun saat ini ketika keadaan mulai sedikit tenang, perkataan mereka masih terngiang di telinga para netizen.
Mungkin karena penghargaan ‘MelOn Music Award 2013‘ diberikan berdasarkan penjualan musik online dan voting publik untuk menentukan pemenang dari setiap kategori, kemenangan tahun ini terlihat seolah condong kepada boy group yang bernaung di bawah SM Entertainment.
Bukannya pihak penyelenggara ataupun fans dapat melakukan sesuatu mengenai hal ini, namun banyak yang saat ini mengkritisi program acara ‘MMA 2013′ yang seolah berubah menjadi festival SM Town, bukannya menunjukkan musisi dengan talenta-talenta terbaik yang telah berkarya sepanjang tahun ini.
MelOn Music Award‘ kemudian mengkonfirmasi bahwa kekuatan agensi hiburan yang besar memiliki kekuasaan terhadap industri musik Korea.
Hal ini juga memicu munculnya poin lain – bukankah sebenarnya acara penghargaan sama saja dengan kontes popularitas?
Banyak komentar negatif telah diarahkan kepada MelOn dan artis-artis SM – namun apakah ini memang kesalahan mereka? MMA didasarkan pada hasil penjualan musikonline dan voting dari fans – hanya karena SHINee, EXO, dan artis-artis SM lainnya memiliki basis fandom yang besar tidak berarti mereka kurang memperoleh pengakuan yang layak.
Tentu saja, ini mengecewakan mengingat musisi lain dengan karya musik yang dapat dikatakan lebih baik tidak memperoleh kemenangan sementara mereka yang berdiri di balik sebuah perusahaan hiburan besar dapat menang, Masih ada begitu banyak acara penghargaan lainnya – dan jika memang musik mereka berkualitas, karyanya akan memperoleh penghargaan sebagaimana mestinya.
Source: kpopstarz
Indotrans: azkiya2008

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

clock